Saturday Sep 07, 2024

Ide Wisata Religi, Masjid Istiqlal Jakarta Bisa Jadi Andalanmu

Masjid-Istiqlal-Jakarta

Mendatangi masjid istiqlal jakarta sudah tidak lagi asing bagi masyarakat di berbagai penjuru dunia dan menjadi Masjid terbesar se Asia Tenggara.

Masjid Istiqlal Jakarta di desain oleh Frederich Silaban yang merupakan seorang arsitek beragama Nasrani. Dirinya memenangkan sayembara dalam desain Masjid Istiqlal ini dirinya menggabungkan dua unsur antara Islam dan Modern.

Masjid Istiqlal Jakarta ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 22 Februari 1978 dan memiliki anggaran biaya pembangunan mencapai Rp7 miliar rupiah yang didapatkan dari anggaran APBN.

Bertempat di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Masjid Istiqlal ini bisa menampung sebanyak 200 ribu jamaah atau lebih. Berisi halaman yang sangat luas dan bisa digunakan pada saat acara-acara keagamaan seperti Shalat Jumat dan Salat Tarawih atau juga pada acara hari besar lainnya seperti Idul Fitri dan juga Idul Adha.

Masjid Istiqlal Jakarta ini menjadi Masjid Terbesar se Asia Tenggara yang menjadi tempat yang sangat ikonik yang ada di ibu kota. Khususnya bagi umat islam yang ingin menjalani wisata religi.

Keindahan bangunan arsitektur yang ditawarkan dari Masjid Istiqlal ini menjadi hal yang ingin orang-orang kunjungi untuk beribadah atau juga mengabadikan keindahan bangunana melalui ponsel mereka. Ternyata terdapat spot menarik loh yang bisa kamu jadikan referensi untuk kamu dapat berswa foto.

Spot Instagramable di Masjid Istiqlal Jakarta

  1. Koridor Masjid

Mempunyai konsep perpaduan Islam Modern, menjadikan Masjid Istiqlal Jakarta dipenuhi dengan desain-desain arsitektur yang berbentuk geometri sederhana seperti halnya kubus, kubus bola dan persegi. Selain itu penambahan batu marmer yang terdapat pada dinding dan lantai di masjid ini sukses menambah kesan megah dan agung.

  1. Ruang Utama Masjid

Lantai ruang utama ini disediakan untuk ruang shalat Rawatib maupun shalat sunnah lainnya yang terletak di gedung utama yang bisa menampung sebanyak 61 ribu jamaah. Pada bagian depannya terdapat Mihrab yang digunakan sebagai tempat imam memimpin shalat jamaah dan di bagian kanan mihrab ada mimbar yang ditinggikan.

Lantai pada bagian ruangan ini ditutupi dengan karpet merah yang di sumbangkan oleh seorang dermawan berasal dari Kerajaan Arab Saudi. Terdapat juga 12 tiang berlapis baja yang anti karat dan berguna sebagai penopang kubah raksasa.

  1. Kubah Masjid

Masih pada ruangan utama yang sama, jika kamu menengok ke atas dalam ruangan tersebut, kamu akan melihat kubah raksasa yang memiliki desain sangat cantik serta menawan.

Diameter pada kubah ini mencapai 45 meter yang terbuat dari kerangka baja anti karat yang berasal dari Jerman Barat dan memiliki berat 86 ton. Setelahnya di bagian luarnya dilapisi dengan keramik.

  1. Teras Raksasa

Selanjutnya spot selfie yang banyak digunakan para pengunjung adalah bagian teras raksasa yang dimana, para pengunjung dapat melihat kemegahan dari Masjid Istiqlal Jakarta secara keseluruhan. Berada di sebelah kiri dan juga di belakang gedung induk, teras ini memiliki sekitar 29.800 meter.

Teras ini dilapisi tegel keramik dengan warna merah kecoklatan dan disusun membentuk shaf shalat. Teras ini dibuat menampung jamaah pada saat pelaksanaan shalat Idul Fitri dan juga Idul Adha. Selain itu digunakan juga sebagai tempat untuk acara-acara keagamaan seperti hal nya MTQ dan emper tengah yang biasa digunakan untuk peragaan dalam kegiatan manasik haji. Tempat juga bisa menampung sebanyak 50 ribu jamaah.

Kesimpulan

Nah itulah dia beberapa spot instagramable yang bisa kamu temui di Masjid Istiqlal Jakarta, selain beribadah dan berwisata religi kamu juga bisa sesekali mengabadikan keindahan dari Masjid yang menjadi Masjid Terbesar se Asia Tenggara dengan bangunan yang mencampurkan antara unsur Islam dan juga unsur Modern dalam pembangunan. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk mengunjungi dan berwisata religi di Masjid Istiqlal Jakarta?

ubsiadmin

Selamat datang di blog terbaru dari saya bernama dwi setiawan. Saya sangat senang bisa membagikan banyak informasi mengenai berita terbaru, kesehatan, teknologi, dan bisnis terkini. Ikuti selalu post terbaru saya untuk mendapatkan pemahaman baru hari ini. Terima kasih.
Back to Top