Saturday Sep 07, 2024

6 Cara Mengatasi Kucing Jantan yang Suka Kencing Sembarangan

cara-mengatasi-kucing-jantan-yang-suka-kencing-sembarangan

Kesulitan mencari cara mengatasi kucing jantan yang suka kencing sembarangan merupakan hal yang sering dicari oleh pecinta kucing, simak informasinya di bawah ini!

Cara mengatasi kucing jantan yang suka kencing sembarangan merupakan hal yang sering dicari oleh pecinta kucing. Individu bisa memastikan dengan cara ini bahwa kucing yang dimiliki sehat.

Caranya cukup dengan mengunjungi dokter hewan terdekat  saja. Kemudian, juga bisa melakukan modifikasi terhadap kucing. Hal ini dilakukan agar rasa stres yang kucing alami bisa berkurang. 

Cara Mengatasi Kucing Jantan yang Suka Kencing Sembarangan

Pada dasarnya, pemilik kucing bisa mengubah perilakunya dengan cara memakai produk khusus serta pelatihan secara konsisten. Ini bisa menjadi kunci utama untuk perubahan perilaku kucing. Berikut ini penjelasan detail terkait cara mengatasi kucing jantan yang suka kencing sembarangan.

1. Pemeriksaan Kesehatan

Langkah pertama, pemilik kucing bisa langsung bawa hewan tersebut ke dokter. Tujuannya untuk dapat memastikan bahwa kesehatan kucing tidak ada masalah. 

Umumnya, penyebab kencing sembarangan karena batu kandung kemih, Infeksi saluran kemih, dan masalah ginjal lainnya. Oleh karena itu, untuk melakukan identifikasi masalah kesehatan, maka perlu Dokter hewan. 

Hal ini agar bisa melakukan pemeriksaan atau tes lanjutan. Di sisi lain, seringkali Kucing jantan yang tidak dikebiri menandai wilayahnya dengan urin. 

Pengebirian ini sebenarnya dilakukan untuk menghilangkan atau mengurangi perilaku tersebut. Hal ini tentunya karena dapat membuat kadar hormon semakin bertambah. Sehingga bisa mendorong perilaku menandai wilayah.

2. Membersihkan Area yang Terkena

Biasanya, jika kucing masih bisa mencium bau urin sebelumnya maka cenderung kembali ke tempat yang sama untuk kencing. Oleh  karena itu, untuk menghilangkan bau urin hewan peliharaan perlu sekali pembersih enzimatik yang dirancang khusus. 

Kemudian, hindarilah produk pembersih yang berbasis amonia. Hal ini tentunya karena baunya hampir sama seperti urin kucing. Bahkan, juga dapat memperburuk keadaan.

3. Modifikasi Lingkungan

Berikutnya, harap memastikan bahwa kotak pasir kucing mudah diakses dan selalu tampak bersih. Biasanya, kucing akan lebih suka tempat bersih.

Tujuannya tentu untuk buang air lebih mudah. Untuk setiap kucing plus satu ekstra, idealnya bisa menyediakan satu kotak pasir.

Kemudian, bisa meletakkan kotak pasir jauh dari area makan kucing, namun tetap di tempat yang mudah terakses dan tenang. Untuk  buang air, hewan ini lebih suka tempat yang privat.

4. Mengelola Stres dan Kecemasan

Perubahan dalam rutinitas atau lingkungan, juga bisa menyebabkan Kucing menjadi cemas. Oleh karena itu, harus mempertahankan rutinitas harian secara konsisten, baik itu untuk bermain, makan, maupun tidur.

Harap memastikan bahwa kucing tersebut bisa memperbaiki stimulasi fisik dan mental yang cukup. Lalu untuk bisa membantu mengurangi kebosanan dan stres, bisa dengan memberikan mainan, sesi bermain serta pohon kucing interaktif.

5. Pelatihan dan Penguatan Positif

Harap segera bersihkan area tersebut, apabila kucing sudah mulai kencing di tempat yang tidak seharusnya. Lalu bisa meletakkan kucing ke kotak pasirnya. Dalam melatih kucing, konsistensi adalah kunci utamanya.

Jika kencing sembarangan, jangan menghukum kucing. Sebab, hukuman ini hanya akan dapat memperburuk perilaku serta menyebabkan stres.

6. Produk Khusus untuk Membantu Mengatasi Perilaku

Feliway dapat membantu menenangkan kucing, karena merupakan produk berbasis feromon sintetis. Bahkan, produk ini bisa mengurangi perilaku menandai wilayah.

Kesimpulan

Saat ini, produk tersebut sudah tersedia dalam berbagai macam bentuk seperti semprotan, diffuser, serta kerah.Untuk menjauhkan kucing dari area yang sering dikencingi, bisa langsung menggunakan penyemprot repelan. Harap pastikan produk yang digunakan aman sebagai cara mengatasi kucing jantan yang suka kencing sembarangan.

ubsiadmin

Selamat datang di blog terbaru dari saya bernama dwi setiawan. Saya sangat senang bisa membagikan banyak informasi mengenai berita terbaru, kesehatan, teknologi, dan bisnis terkini. Ikuti selalu post terbaru saya untuk mendapatkan pemahaman baru hari ini. Terima kasih.
Back to Top