Friday Jul 26, 2024

Gambar Topologi Ring, Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya

gambar-topologi-ring

Pada artikel kali ini, akan dibahas seputar topologi cincin atau topologi ring. Implementasi topologi cincin secara optimal bisa bermanfaat menunjang efisiensi transfer atau komunikasi data. Simak lebih lanjut seputar pengertian, fungsi, kelebihan, dan gambar topologi ring.

Seputar Topologi Ring

Pada mekanisme topologi ring, koneksi perangkat membentuk jalur lingkaran. Tiap perangkat saling terkoneksi dengan dua perangkat di samping-sampingnya. Jadi, bisa kita bayangkan titik-titik yang tersebar pada lingkaran.

Topologi ring merupakan jenis model topologi dengan transmisi data satu arah pada lingkaran unidireksional hingga sampai ke tujuan. Pengiriman data pada model ini ditransfer melalui tiap perangkat berdasarkan urutan tertentu. Konsep sistem jaringan seperti ini mampu menunjang efisiensi komunikasi data.

Fungsi tiap komputer pada topologi ring yaitu mengirim data menuju perangkat lainnya. Sehingga berbeda dengan model topologi lain misal topologi star yang di mana transfer data lebih ke pusat hub atau poin sentral. Sementara dalam kasus topologi ring, sirkuitnya tertutup yang membuatnya lebih aman dan stabil.

Pada saat ada komputer mengalami error, komunikasi atau lalu lintas data tetap berfungsi melalui perangkat berikutnya hingga tujuan akhir tercapai.

Gambar Topologi Ring

Konsep topologi ring adalah terhubungnya komputer dalam sirkuit lingkaran yang tertutup. Tiap komputer punya dua tetangga di sebelahnya yang masing-masing berguna menghubungkan transfer data. Contohnya misal terdapat enam buah komputer yang terkoneksi membentuk lingkaran.

Tiap perangkat tersebut saling terhubung dengan kabel tapi berbeda dengan komputer-komputer tertentu. Misal pada komputer pertama dan ke-enam terkoneksi juga dengan switch. Melalui gambar topologi ring tersebut, begitulah antar perangkat bisa saling berinteraksi pada kesatuan jaringan.

Apa Fungsi dari Topologi Ring?

Fungsi utama dari topologi ring yaitu mengoneksikan atau menghubungkan komputer-komputer sehingga bisa menunjang lalu lintas data. Antar titik bisa saling berkomunikasi secara ideal dan saling bekerja sama. Dalam jaringan topologi ring, tiap perangkat mengambil sinyal jaringan yang didapatkan dari perangkat yang sebelumnya.

Setelah diterima, selanjutnya sinyal tersebut dikirimkan menuju perangkat berikutnya. Transfer data dilakukan melalui satu arah yang membuat tabrakan data bisa dihindari.

Apa Saja Keunggulan Topologi Ring?

Karena konsepnya satu arah, maka mekanisme topologi ring bisa mencegah adanya tabrakan paket data. Tapi bukan hanya itu saja nilai plus dari model topologi ini, berikut beberapa keunggulan lain dari topologi ring:

  • Performa jaringan tidak akan terpengaruh signifikan meski sejumlah komputer terhubung
  • Topologi cincin tidak membutuhkan server jaringan dalam mengelola konektivitas dan aspek lainnya
  • Sistem topologi ring membuat user mudah memahami titik-titik gangguan tunggal dan memisahkannya sebagai langkah maintenance.
  • Topologi ring termasuk topologi yang hemat biaya baik itu untuk pemasangan maupun perluasan lingkungan jaringan.
  • Model topologi ini termasuk yang mampu menunjang lalu lintas data berkecepatan tinggi.
  • Bisa mengenal potensi gangguan atau kesalahan jaringan secara sederhana.
  • Tiap perangkat punya kualitas akses setara menuju pusat sumber daya.
  • Bisa diandalkan untuk kebutuhan transfer data tinggi karena terdapat token sehingga dianggap lebih unggul dibandingkan topologi bus.
  • Topologi ring bisa diandalkan untuk mengantisipasi keamanan data. Sistem topologi ring membuat aliran data hanya melalui satu arah. Bukan hanya mencegah tabrakan data, tapi juga termasuk menegah konflik keamanan data.
  • Komunikasi data pada topologi ring tergolong efisien. Pengiriman data dilakukan berurutan dari perangkat ke perangkat lain. Mekanisme transfer data seperti itu membuat waktu pengiriman data lebih cepat.

Itulah pembahasan seputar pengertian, keunggulan dan gambar topologi ring, semoga bermanfaat.

ubsiadmin

Selamat datang di blog terbaru dari saya bernama dwi setiawan. Saya sangat senang bisa membagikan banyak informasi mengenai berita terbaru, kesehatan, teknologi, dan bisnis terkini. Ikuti selalu post terbaru saya untuk mendapatkan pemahaman baru hari ini. Terima kasih.
Back to Top