Friday Jul 26, 2024

Apa Itu Opportunity dalam Analisis SWOT: Tujuan dan Manfaat

Apa-Itu-Opportunity

Ada 4 komponen utama dalam analisis SWOT yaitu Strength, Weakness, Opportunities, & Threat. Kali ini kita akan membahas salah satu komponen tersebut yaitu Opportunities atau peluang. Beberapa perusahaan atau bisnis biasanya menyepelekan komponen satu ini padahal potensinya sangat menjanjikan. Yuk kita bahas lebih lanjut seputar apa itu opportunity.

Seputar Opportunity pada SWOT

Opportunitas atau peluang berarti kondisi tertentu yang bisa menyediakan keuntungan untuk bisnis. Inilah salah satu faktor eksternal yang layak dipertimbangkan agar bisa mencapai kesuksesan bisnis. Peluang tersedia dalam berbagai bentuk atau kesempatan bisa dari teknologi baru, peluang atau tren pasar, kondisi ekonomi nasional, dan sebagainya.

Identifikasi terhadap peluang bisa menunjang pengambilan solusi strategis untuk mengoptimalkan profit perusahaan atau bisnis. Sama halnya dengan komponen SWOT lain, opportunity punya peran sangat penting untuk keutuhan bisnis. Bedanya dengan strength dan weakness, opportunity lebih ke faktor eksternal seperti threats.

Apa Tujuan Opportunity?

Tujuan opportunity lebih ke memanfaatkan peluang yang ada. Untuk lebih jelas mengenai apa itu opportunity, simak poin-poin berikut seputar tujuannya:

  • Identifikasi peluang bisnis

Sebenarnya bukan hanya sekadar identifikasi saja, opportunity juga seputar bagaimana peluang tersebut dianalisis dan dimanfaatkan. Pemahaman seputar peluang dalam lingkungan bisnis itu sendiri sangat penting karena bisa memanfaatkan kekuatan faktor eksternal.

Melalui identifikasi peluang, maka bisnis bisa mengembangkan strategi secara lebih komprehensif dan efektif. Agar bisnis bisa lebih fokus untuk profit jangka panjang, sangat penting untuk melakukan pendekatan terhadap opportunity ini.

  • Menghindari risiko bisnis

Pada sisi lain, opportunity bisa bertujuan mencegah bisnis rugi karena risiko yang didapat karena tidak diambilnya nilai-nilai peluang di sekitar.

Apa Saja Manfaat Opportunity?

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari perusahaan yang melakukan pendekatan terhadap optimasi opportunity ini. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari implementasi strategi opportunity sesuai kaidah SWOT:

  • Operasional bisnis bisa lebih efisien

Pemanfaatan opportunity di sekitar lingkungan perusahaan atau bisnis bisa berujung pada efisiensi operasional bisnis. Perusahaan bisa lebih efisien baik itu dalam sisi produksi, pemasaran, maupun aspek-aspek lainnya.

ubsiadmin

Selamat datang di blog terbaru dari saya bernama dwi setiawan. Saya sangat senang bisa membagikan banyak informasi mengenai berita terbaru, kesehatan, teknologi, dan bisnis terkini. Ikuti selalu post terbaru saya untuk mendapatkan pemahaman baru hari ini. Terima kasih.
Back to Top