Thursday Jul 25, 2024

Apa Itu Spreadsheet: Memahami Pengertian dan Fungsi-fungsinya

Spreadsheet bisa kita gunakan untuk mengelola data. Meski datanya dalam jumlah besar, tapi tetap bisa mudah dikelola dengan menggunakan tools spreadsheet. Untuk memahami lebih mendalam seputar apa itu spreadsheet dan fungsi-fungsinya, simak artikel berikut.

Pengertian Spreadsheet

Spreadsheet berarti program, tools, atau aplikasi yang menyajikan data dalam perpaduan kolom & baris. Kolom yang terdapat pada spreadsheet tersebut ditandai dengan huruf-huruf, sementara barisnya ditandai dengan angka. Umumnya kedua komponen spreadsheet tersebut tidak terbatas jumlahnya.

Kombinasi kolom dan baris pada spreadsheet dinamakan sel atau cell. Arti lain dari spreadsheet yaitu lembar kerja untuk mengolah data. Di dalam spreadsheet tersebut, bisa berisi data-data seperti teks, angka, maupun rumus sel.

Apa Saja Fungsi Spreadsheet?

Kegunaan spreadsheet bisa sangat meluas, beberapa orang menggunakannya untuk menganalisis data, interpretasi data, dan sebagainya. Untuk memahami lebih lanjut seputar apa itu spreadsheet, simak beberapa fungsinya di bawah ini:

  • Pengolahan data

Fungsi utama spreadsheet yaitu untuk menunjang pengolahan data. Kita bisa input, save, dan modifikasi data melalui fitur-fitur spreadsheet. Pengolahan data menggunakan spreadsheet semakin dipermudah dengan banyaknya formula yang bisa digunakan.

Pengguna spreadsheet bisa menghitung data dalam jumlah besar dengan lebih mudah melalui formula-formula atau rumus yang ada. Contoh fungsi rumus yang umum digunakan pada spreadsheet misalnya seperti AVERAGE, MAX, MIN, SUM, COUNT, dan sebagainya.

  • Menyajikan visualisasi data

Dengan menggunakan spreadsheet, kita bisa menyajikan visualisasi data yang sedang dikelola. Misalnya dengan membuat grafik dan jenis grafiknya juga sangat beragam. Kita bisa menyajikan data dalam grafik pie, batang, dan sebagainya.

Sajian data dalam grafik tersebut bisa menunjang visualisasi data sehingga bisa menunjang kebutuhan presentasi data. Menyajikan data melalui grafik bisa mempermudah pemahaman terhadap serangkaian data.

  • Pengaturan data

Spreadsheet dibekali dengan fitur seperti filter, sortir, dan sejenisnya. Fitur seperti itu yang bisa membantu kita menavigasi atau mengatur data dengan lebih efisien. Kita bisa mengurutkan data besar sesuai kriteria tertentu maupun melakukan penyaringan data.

Secara garis besar, itulah beberapa fungsi utama spreadsheet. Kita bisa memanfaatkan spreadsheet ini untuk melakukan manajemen keuangan. Spreadsheet bisa membantu pelacakan penerimaan dan pengeluaran sehingga bisa membantu membuat rencana finansial. Lebih dari itu, kita bisa lebih mudah membuat laporan keuangan dengan fitur-fitur lengkap dari spreadsheet.

Microsoft Excel vs Spreadsheet

Beberapa orang bingung dengan kedua istilah ini yaitu Microsoft Excel dengan spreadsheet. Lalu apa yang membedakan Excel dengan spreadsheet? Kita coba kaji kembali pengertian dari spreadsheet itu sendiri yaitu aplikasi, tools, atau program untuk pengolahan data yang memiliki baris dan kolom.

Sebenarnya keduanya itu sama, lebih tepatnya Microsoft Excel merupakan salah satu spreadsheet dan termasuk yang paling populer. Jadi, tidak semua spreadsheet itu Microsoft Excel. Antar Microsoft Excel dengan spreadsheet lain bisa saja berbeda dari segi tampilan, dan fitur-fiturnya.

Selain Microsoft Excel, spreadsheet lain yang juga populer misal Google Spreadsheet. Keduanya cukup berbeda mengingat Google Spreadsheet berbasis penggunaan online tapi Microsoft Excel bisa dipakai tanpa terkoneksi internet. Masing-masing spreadsheet punya keunggulan masing-masing.

Google Spreadsheet tidak membutuhkan instalasi aplikasi untuk penggunaannya. Sementara Microsoft Excel membutuhkan instalasi software tapi tidak butuh internet dalam penggunaannya.

Dengan begitu, maka Microsoft Excel bisa membuat kebutuhan pengolahan data menjadi lebih efisien terutama jika terbatas akan akses internet. Demikian informasi seputar apa itu spreadsheet, semoga dapat bermanfaat.

ubsiadmin

Selamat datang di blog terbaru dari saya bernama dwi setiawan. Saya sangat senang bisa membagikan banyak informasi mengenai berita terbaru, kesehatan, teknologi, dan bisnis terkini. Ikuti selalu post terbaru saya untuk mendapatkan pemahaman baru hari ini. Terima kasih.
Back to Top